Sabtu, 30 April 2011

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Lingkungan

Ilmu budaya dasar atau disingkat IBD ini ada kaitannya dengan Lingkungan, contohnya di lingkungan yang suasananya keras dengan lingkungan yang suasananya damai sangat berbeda budaya yang ada didalamnya, jadi budaya dalam lingkungan sekitar sangat tergantung dengan manusia yang mendiami nya. 

Biasanya lingkungan yang keras memiliki budaya yang keras pula,karena lingkungan mempengaruhi watak seseorang. misalnya di lingkungan yang berkehidupan keras, budaya nya kasar, tidak sopan, semena-mena, sedangkan di lingkungan yang manusia nya damai, budaya nya juga akan damai, tentram, sopan, saling menghormati, budayanya memiliki etika yang baik.

tidak hanya dalam konteks itu, di dalam lingkungan yang mendominasi suatu kumpulan akan mempengaruhi budaya dalam perkumpulan lingkungan tersebut. contohnya lingkungan orang-orang Bali, maka budaya lingkungan tersebut dominan budaya Bali.

Jadi kesimpulannya Lingkungan sangat dipengaruhi oleh manusia yang mendiami wilayah tersebut, sehingga budaya lingkungan tersebut ikut dipengaruhi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar